"Roma tidak dibangun dalam sehari. Langkah besar selalu diawali dengan tapak langkah kecil. Sebuah pemikiran dan cita-cita agung, kadang berasal dari sebuah kata atau impian sederhana. Kadang pula sebuah catatan, memiliki nilai berharga ketimbang monumen atau istana, dan setiap orang mampu untuk menciptakannya."

Selasa, 06 Mei 2008

Modern

Modernisasi tidak sama dengan "pembaratan" atau westernisasi. Modernisasi adalah bentuk perubahan pembaruan dan biasanya ditandai dengan peningkatan pemanfaatan teknologi dan perkembangan industri. Sementara pembaratan adalah transformasi budaya, perilaku, maupun gaya hidup masyarakat barat ke wilayah nonbarat. Wilayah barat? penamaan timur atau barat pun masih terdengar rancu. Tergantung dari arah mana memandangnya.

Giddens coba merumuskan struktur baru masyarakat modern, antara lain hidup melajang, orang tua tunggal, dan tinggal satu atap tanpa ikatan. Apakah beberapa ciri baru masyarakat modern yg ter-generalisasi ini menemui keakuratan? Jawabannya ada didalam masyarakat itu sendiri. Apakah juga masih ada nilai2 moral dan etika tersisa disana? Apa justru masyarakat modern sedang kembali kepada pola lama struktur masyarakat purba. Saat manusia kembali mencari "penciptanya" demi untuk ketenangan jiwa, saat manusia bersahabat dekat dengan alam sekitarnya.

Modernisasi telah membawa banyak perubahan, se-ekstrim apapun perubahan itu, sulit rasanya jika harus meninggalkan sifat dasar manusia yg melekat dalam dirinya. Manusia tidak melepas kan diri dari alam dan akan mencari siapa penciptanya.

2 komentar:

  1. basi mas.............

    BalasHapus
  2. bahasanya ketinggian, cocok jadi dosen kayanya tuh.... dulu sempet ngajar di primagama ya mas...... btw teksbook amat ya bahasanya.....

    BalasHapus

para komentator dipersilakan masuk dan jangan lupa sertakan nama anda dibawah tulisan komen anda setelah selesai.makasi sebelumnya.

berikan komentar untuk tulisan di atas, klik icon 'komentar kamu' dan beri 'nilai.'


Kutipan para eksistensialis

  • “The Ego is partly free. partly determined, and reaches fuller freedom by approaching the Individual who is most free: God.” (Muhammad Iqbal)
  • “Man is condemned to be free; because once thrown into the world, he is responsible for everything he does.” (Jean-Paul Sartre)
  • “Except our own thoughts, there is nothing absolutely in our power.” (Rene Descartes)
  • “Life has its own hidden forces which you can only discover by living.” (Soren Kierkegaard)
  • “Most people do not really want freedom, because freedom involves responsibility, and most people are frightened of responsibility.” (Sigmund Freud)