"Roma tidak dibangun dalam sehari. Langkah besar selalu diawali dengan tapak langkah kecil. Sebuah pemikiran dan cita-cita agung, kadang berasal dari sebuah kata atau impian sederhana. Kadang pula sebuah catatan, memiliki nilai berharga ketimbang monumen atau istana, dan setiap orang mampu untuk menciptakannya."

Minggu, 25 Mei 2008

Tulus

Man condemned to be free (Sartre), tampak berlaku juga dalam hal memilih cinta. Cinta seperti apa atau yg bagaimana. Lucu. Seakan cinta itu punya banyak bentuk. Kotak, segitiga, lingkaran, atau bahkan tak beraturan. Serunya, ternyata kisahnya pun melahirkan banyak karya sastra. Sebut saja Laila Majnun, Sam Pek Eng Tai, Romeo and Juliette, sampai Siti Nurbaya. Romantis, manis, tragis, juga memilukan. Cinta itu bisa tumbuh dan ditumbuhkan. Cinta juga bisa datang tiba-tiba. Ada juga yg lahir dari pandangan pertama. Memilih, setiap orang bebas memilih. Setiap pribadi memiliki perasaan masing-masing. Memiliki keinginan, cara, dan alasan dibalik keputusannya.

Terkadang banyak cinta bertepuk sebelah tangan. Sering kali pula kandas ditengah jalan. Ini sebuah konsekuensi bagi sebuah pilihan. Kebebasan yg dimiliki untuk memilih selalu didampingi dengan tanggung jawab. Satu dengan lainnya melekat dan melengkapi. Tanggung jawab pada perasaan sendiri, pada cara pandang lingkungan. Kebebasan yg pada hakikatnya adalah terikat. Sebab semua punya hubungan. Sadar atau tidak. Pribadi membutuhkan pribadi yg lain. Memilih cinta adalah bagian dari kebebasan. Dalam kebebasan itu, ada satu kata pengikat. Para pencinta biasa menyebutnya sebagai "ketulusan."

1 komentar:

para komentator dipersilakan masuk dan jangan lupa sertakan nama anda dibawah tulisan komen anda setelah selesai.makasi sebelumnya.

berikan komentar untuk tulisan di atas, klik icon 'komentar kamu' dan beri 'nilai.'


Kutipan para eksistensialis

  • “The Ego is partly free. partly determined, and reaches fuller freedom by approaching the Individual who is most free: God.” (Muhammad Iqbal)
  • “Man is condemned to be free; because once thrown into the world, he is responsible for everything he does.” (Jean-Paul Sartre)
  • “Except our own thoughts, there is nothing absolutely in our power.” (Rene Descartes)
  • “Life has its own hidden forces which you can only discover by living.” (Soren Kierkegaard)
  • “Most people do not really want freedom, because freedom involves responsibility, and most people are frightened of responsibility.” (Sigmund Freud)